Entri Populer

Kamis, 03 Juli 2014

Pengertian OwnCloud dan Webmin

Pengertian OwnCloud dan Webmin

  • ownCloud adalah sistem perangkat lunak untuk apa yang sering disebut "file hosting yang". Dengan demikian, ownCloud sangat mirip dengan Dropbox secara luas digunakan, dengan perbedaan utama adalah bahwa ownCloud gratis dan open-source, dan dengan demikian memungkinkan orang untuk menginstal dan mengoperasikannya tanpa biaya pada server pribadi, tanpa batas ruang penyimpanan (kecuali kapasitas hard disk) atau jumlah klien yang terhubung.

Fungsi Own Cloud Storage

  •  Cloud Storage sendiri adalah layanan berbasis Internet yang bisa kita akses dari mana saja. Contoh layanan storage online ini adalah  Dropbox, GoogleDrive, SkyDrive, Box.Net, dan lain lain., Blackberry, Symbian dan lain-lain Own cloud di akses dengan menggunakan berbagai platform (OSX, iOS, Windows, WindowsMobile, Android, Linux).

  • OwnCloud termasuk dalam kategori Infrastructure as a Service (IaaS) Layanan awan. Dengan ownCloud kita dapat menyimpan file, folder, kontak, audio, galeri foto, kalender dan dokumen lainnya. Kita juga dapat mengakses file dan melakukan sinkronisasi file yang terdapat pada server ownCloud dengan perangkat mobile, desktop, atau peramban web.

===============================================

  • Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Unix-like, walaupun versi terbaru juga dapat diinstal dan berjalan pada Windows.  Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, layanan atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengendalikan aplikasi open source, seperti Apache HTTP Server, PHP atau MySQL.


  • Webmin sebagian besar didasarkan pada Perl, berjalan sebagai proses sendiri dan web server. Standarnya TCP port 10000 untuk berkomunikasi, dan dapat dikonfigurasi untuk menggunakan SSL jika OpenSSL diinstal dengan tambahan yang dibutuhkan Perl Modules.


  • Hal ini dibangun di sekitar modul, yang memiliki antarmuka ke file konfigurasi dan server Webmin. Hal ini membuat mudah untuk menambahkan fungsi baru. Karena desain modular Webmin, sangat mungkin bagi siapa saja yang tertarik untuk menulis plugin untuk konfigurasi desktop.


  • Webmin juga memungkinkan untuk mengendalikan banyak mesin melalui antarmuka tunggal, atau login yang mulus pada host webmin lain pada subnet yang sama atau LAN.
Beberapa keuntungan menggunakan Webmin yaitu :

1. penggunaanya mudah
2. hemat waktu dalam administrasi
3. support terhadap turunan Unix, termasuk Linux dan keluarga BSD
4. Instalasinya mudah
5. Mudah untuk  menambahkan modul dan update
6. Adanya fasilitas help yang mempermudah administrasi
7. Aman

sumber : WIKIPEDIA

0 komentar :

Posting Komentar